Yuk Pahami Hak Investor di Hari World Consumer Rights Day!

Yuk Pahami Hak Investor di Hari World Consumer Rights Day!

World Consumer Rights Day adalah hari yang dikhususkan untuk meningkatkan tingkat kesadaran para konsumen di seluruh dunia agar lebih memahami hak investor serta kebutuhan mereka yang jatuh pada tanggal 15 Maret.

Tahukah kalian jika seorang investor reksadana juga termasuk dalam kategori consumer loh. Mengapa bisa?

Ya karena investor reksadana tercatat sebagai seorang nasabah di perusahaan Manajer Investasi, dengan kata lain  sebagai nasabah, kita juga termasuk sebagai konsumen yang mengkonsumsi atau membeli produk reksadana yang ditawarkan oleh perusahaan Manajer Investasi. Nah bertepatan di hari Hak dan Kebutuhan Konsumen Dunia ini, apakah kalian telah mengetahui hak apa saja yang akan kalian dapatkan sebagai seorang nasabah dari Manajer Investasi?

Berikut ini adalah 5 hak yang kalian miliki jika menjadi investor reksadana

Hak Investor Untuk Mendapatkan Bukti Hasil Transaksi

Hak investor reksadana yang pertama adalah hak untuk mendapatkan bukti hasil transaksi. Hasil transaksi dalam hal ini adalah kegiatan pembelian reksadana. Jika kita telah membeli reksadana, maka kita akan diberikan selembar kertas atau ‘struk’ konfirmasi dari Manajer Investasi yang memuat informasi bahwa kita telah berhasil melakukan transaksi pembelian, kertas tersebut biasa disebut sebagai Bukti Kepemilikan Unit Penyertaan Reksadana.

Bukti Kepemilikan Unit Penyertaan Reksadana ini biasanya memuat informasi mengenai nilai transaksi, biaya dan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/Up) yang berasal dari bank kustodian.

Hak Investor Untuk Mendapatkan Hasil Investasi

Tujuan utama untuk berinvestasi tentu saja adalah agar mendapatkan keuntungan. Nah sebagai nasabah reksadana di sebuah Manajer Investasi, mendapatkan keuntungan dari hasil modal investasi yang telah anda percayakan sudah pasti menjadi hak investor. Berapapun nilai investasi yang ditanamkan, besar atau kecil, hasil keuntungan dari investasi wajib hukumnya untuk didapat.

Hak Investor Untuk Memperoleh Laporan Kinerja Reksadana

Laporan Kinerja Reksadana bisa disebut juga sebagai prospektus. Setiap tahunnya, prospektus akan mengalami pembaharuan beserta dengan laporan keuangan didalamnya sesuai dengan hasil audit dari pengelolaan reksadana.

Biasanya prospektus akan dicetak berupa sebuah buku yang mirip dengan polis asuransi, atau dapat diakses secara online melalui website perusahaan Manajer Investasi. Salah satu contoh prospektus online dapat dilihat melalui www.sinarmas-am.co.id pada pilihan menu produk, atau dapat dilihat melalui foto dibawah ini

Hak Investor untuk Menjual Kembali Reksadana yang Dimiliki

Selain dapat membeli produk reksadana, sebagai nasabah kita juga memiliki kewenangan untuk menjual kembali reksadana yang telah kita beli sebelumnya kapan saja. Penjualan ini dapat dilakukan secara keseluruhan atau sebagian dari nilai reksadana yang kita miliki. Tetapi tentu saja proses penjualan reksadana tersebut harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Manajer Investasi sebelumnya. Biasanya, proses pencairan dana dari penjualan dapat diterima paling lambat 7 hari kerja.

Hak Pembagian Harta Jika Reksadana Dibubarkan

Suatu produk reksadana yang ditawarkan oleh Manajer Investasi bisa saja dibubarkan atau dibatalkan sehingga tidak lagi beroperasi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, seperti gagal mencapai dana kelolaan yang ditargetkan, obligasi yang telah jatuh tempo, manajer investasi dan bank kustodian sepakat untuk membubarkan reksa dana, dan atau terjadi pelanggaran oleh manajer investasi sehingga diperintahkan oleh regulator untuk dibubarkan.

Jika hal ini terjadi, maka segala aset yang dimiliki oleh Manajer Investasi akan diperdagangkan, dan hasilnya wajib untuk dikembalikan kepada investor sesuai dengan porsinya masing - masing. Setelah mengetahui 5 hak dan kebutuhan sebagai investor reksadana diatas, yuk jadikan diri kita sebagai investor yang SMART dan melakukan kewajibannya dengan baik.

Bagi anda yang belum terjun menjadi investor reksadana, mari bergabung bersama Sinarmas Asset Management dengan menghubungi Hotline Simas Asset Management di nomor +62 (021)-50507000, website www.sinarmas-am.co.id atau dapat mengunduh aplikasi Simas Fund Apps pada telepon seluler anda melalui Apps Store dan Play Store.

Happy World Consumer Rights Day!