Trik Cuan Lebih Banyak dengan "Compound Interest"

Trik Cuan Lebih Banyak dengan "Compound Interest"

Compound interest adalah peningkatan nilai investasi dalam bentuk bunga yang ditambahkan ke nilai pokok yang telah dikenakan bunga, dengan kata lain interest on interest, atau bunga yang berbunga.

Mari ibaratkan dengan bola salju. Bayangka n investasi awal sebagai sebuah bola salju. Apabila dibiarkan bergulung di antara salju, bola salju ini akan semakin membesar, yang bisa kita samakan dengan bunga yang diberikan pada nilai investasi awal tersebut. Melalui proses yang perlahan tapi pasti, bola salju tersebut gak hanya akan terus membesar, tapi juga membesar dalam waktu yang cepat, sama seperti nilai bunga di atas bunga.

Istilah mudah untuk compound interest adalah bunga yang berbunga. Lebih jelasnya jika Anda menginvestasikan modal Anda dan Anda mendapatkan bunga dari investasi Anda, maka bunga yang didapat akan diinvestasikan lagi sehingga berbunga. Dengan Compound Interest, pembayaran bunga terus ditambahkan ke pokok simpanan dan pokok yang sudah ditambahkan ini akan terus mendapatkan bunga.

Salah satu orang yang berhasil dalam berinvestasi adalah Warren Buffet. Warren Buffet mampu menjadi orang terkaya di dunia murni dari hasil investasi. Dalam setahun, Warren Bufett, rata-rata menghasilkan return investasi hanya 24.7% saja. Namun beliau konsisten dengan return tersebut. Alhasil dalam 40 tahun return telah menggulung menjadi 146.877%!

 

Mari kita hitung Bersama. Jika Anda menginvestasikan uang Rp 1 juta dengan return 20% per tahun. Bagaimana hasilnya dalam 5 tahun ke depan?

P= modal

r=bunga

n= periode waktu

t= tahun

Jika Anda kurang menyukai berhitung, Anda pasti pusing dengan rumus ini. Namun, tidak mengapa karena sekarang sudah banyak kalkulator yang mampu menghitung compound interest secara otomatis. Anda bisa langsung search di google Compound Interest Calculator.

Oke, kembali ke perhitungan, dalam 5 tahun, dengan uang 1 juta rupiah yang kita investasikan dengan return 20% per tahun adalah Rp 2.488.320,00. Selama 10 tahun uang tersebut menjadi Rp. 6.191.736,00 dan selama 20 tahun akan menjadi Rp 38.337.599,00

Bayangkan jika Anda menginvestasikan Rp 100.000.000,00 maka dalam 5 tahun uang Anda akan menjadi Rp 248.832.000,00 dan dalam 20 tahun uang Anda akan menjadi Rp 3,83 milyar!

Kesimpulannya semakin dini Anda berinvestasi maka hasilnya akan semakin optimal!

Sekarang Anda sudah tau mengapa berinvestasi jangka panjang itu menarik dan penting. Prinsipnya adalah dengan menginvestasikan kembali bunga yang diterima sebagai tambahan nilai pokok pada investasi selanjutnya. Dengan begitu, nilai pokok tersebut akan berkembang. Tentu lebih menguntungkan daripada kita mencairkan bunga yang diterima dan menginvestasikan nilai pokok yang sama setiap tahunnya.


Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah waktu. Semakin dini kita melakukan ini dan semakin lama kita membiarkan uang kita berkembang, semakin besar pula hasil yang akan kita terima nantinya.

Kita selalu terbiasa menginginkan hasil cepat. Walaupun begitu, compound interest adalah bentuk investasi minim risiko yang sifatnya jangka panjang. Hal ini memungkinkan kita memiliki rasa aman secara finansial untuk keuangan di masa mendatang. Kalau kamu mau, tentunya kamu tetap bisa melakukan bentuk investasi lainnya, seperti saham atau reksadana.

----

sumber: id.investing.com