3 Sumber Pendapatan yang harus Anda tahu!

3 Sumber Pendapatan yang harus Anda tahu!

Pendapatan secara umum adalah hasil yang kita terima dari suatu hal yang kita lakukan, kita kerjakan atau kita investasikan. Pendapatan tersebut yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup dalam kurun waktu tertentu, seperti belanja bulanan untuk sebulan, membeli makanan, pakaian, dan lain sebagainya. Bagi individu yang sudah berkeluarga, kebutuhan tersebut tentu akan semakin meluas dan membutuhkan pendapatan yang lebih dibandingkan saat ia masih melajang. Seperti seorang suami, pendapatan yang didapat pasti diutamakan untuk kebutuhan anggota keluarga, mulai dari sandang, pangan, papan dan pendidikan bagi anak-anaknya.

Naah.. tahukah kamu bahwa ada 3 jenis penghasilan yang berbeda-beda? 

Yup! 3 jenis pendapatan itu bisa membantu kita dalam memenuhi kebutuhan yang setiap saat pasti akan bertambah sampai kita memasuki pensiun. Apa saja sih tipe-tipenya?   

 

1. Pendapatan Aktif (Active Income)

Pendapatan ini merupakan penghasilan bulanan yang diperoleh dari hasil pekerjaan, seperti gaji, tunjangan dan bonus dari tempat Anda bekerja. Seseorang juga bisa memiliki pendapatan aktif lebih dari satu sumber, jika mampu bekerja dari dua atau lebih jenis aktivitas pekerjaan, seperti menjalankan pekerjaan sampingan, menjalankan wirausaha, dan lainnya.

 

2. Pendapatan Investasi atau Pendapatan Portfolio (Portfolio Income)

Pendapatan investasi merupakan penghasil yang berasal dari hasil investasi. Contohnya investasi reksadana di Simas Fund, saham, obligasi, dan lainnya. Semakin besar modal yang diinvestasikan, maka kemungkinan semakin banyak pula penghasilan dari investasi tersebut. penghasilan dari hasil investasi ini biasanya berbanding lurus dengan resiko investasinya.

 

3. Pendapatan Pasif (Passive Income)

 

Pendapatan pasif berasal dari sistem yang telah bekerja, misalnya bisnis multi level marketing, bisnis sewa properti, pemilik waralaba (franchisor), hak paten dan lainnya. Untuk menghasilkan pendapatan pasif seseorang tetap harus berusaha untuk menjalankan sistem yang ada, sehingga laju keuangannya tetap berjalan dan menghasilkan pendapatan. Contoh bisnis sewa rumah, seseorang harus melakukan renovasi dari rumah yang dimilikinya sehingga layak untuk ditinggali oleh penyewanya.

Itu dia 3 sumber pendapatan yang perlu kamu kenal. Perlu diingat bahwa level kebutuhan akan terus meningkat dan kita harus bisa antisipasi dengan menyiapkan finansialnya sebaik mungkin. Maka, dalam rangka persiapan tersebut, seseorang memang disarankan untuk memiliki setidaknya 2 sumber penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan Anda, sehingga jangan terlalu mengandalkan gaji tetapi SMART Investor juga harus pintar investasi, demi kebebasan finansial yang telah menanti!

Persiapkan masa depan Anda dengan Simas Fund. Untuk info lebih lanjut mengenai Simas Fund dan Investasi reksa dana,  silahkan menghubungi Customer Service Sinarmas Asset Management  di nomor 021 5050 7000  pada hari dan jam kerja (Senin - Jumat, 08.30 - 17.00), atau bisa langsung saja datang ke cabang terdekat kami.

 

-------- 

SUMBER: Cermati