4 Tanda Anda Sudah Merdeka Finansial, Kamu Termasuk Nggak?

4 Tanda Anda Sudah Merdeka Finansial, Kamu Termasuk Nggak?

 

Jika mendengar kata - kata merdeka finansial atau bebas finansial, apa yang terlintas di benak anda? Bisa berbelanja sepuasnya tanpa harus shock melihat tag harga? Atau bisa meluangkan waktu serta biaya untuk jalan - jalan keliling eropa bersama keluarga tercinta?

Setiap orang pasti memiliki kriterianya masing - masing bukan? Tapi sebenarnya, apa sih definisi dari kemerdekaan finansial itu sendiri? Apakah kriteria yang sudah anda terapkan tadi sudah sesuai dengan definisi sebenarnya dari kata itu sendiri?

Banyak orang yang menganggap bahwa merdeka finansial itu berarti memiliki banyak uang, harta dan aset dalam kehidupan.

Padahal, arti dari kemerdekaan finansial atau financial freedom yang sebenarnya bukan hanya sekedar memiliki banyak uang, harta dan aset, tetapi ukurannya adalah lebih kepada target tujuan keuangan yang ingin Anda capai.

Menjadi merdeka secara finansial merupakan proses untuk berkembang, kuat secara emosional dan spiritual untuk menjadi sukses sesuai ukuran Anda dan bahagia.

Setelah mengetahui definisi yang sebenarnya dari kemerdekaan secara finansial, pertanyaan berikutnya yang muncul adalah apa saja kriteria yang ada sehingga seseorang bisa disebut sudah merdeka secara finansial? Apakah saya termasuk tipe orang tersebut?

1. Memiliki Passive Income

Kriteria pertama sebagai seseorang yang finansialnya sudah merdeka adalah memiliki pemasukan pasif. Darimana saya bisa mendapatkan pemasukan pasif?

Salah satu pemasukan pasif yang bisa kamu miliki adalah investasi. Contoh paling mudahnya adalah investasi reksadana, pemasukan pasif bisa kamu dapatkan melalui return yang dihasilkan dari kinerja reksadana itu sendiri. Nah disaat return tersebut sudah bisa membantumu mendapatkan penghasilan tambahan, disitulah kamu sudah 1 langkah lebih dekat dengan kemerdekaan finansial :)

2. Nilai asset yang lebih besar daripada utang

Kriteria berikutnya yang bisa dikategorikan kedalam bebas finansial adalah kepemilikan asset yang lebih besar jika dibandingkan dengan utang yang dimiliki.

Bagaimana caranya saya bisa mengetahui apakah nilai asset saya lebih besar daripada utang yang saya miliki selama ini?

Yuk coba langsung saja hitung dan jumlahkan semua asset anda seperti mobil, rumah, tabungan, dan juga investasi yang sudah anda miliki, lalu coba bandingkan dengan hutang anda seperti cicilan KPR, KTA, kartu kredit, atau bahkan hutang dengan leasing.

Kira - kira mana yang lebih besar nilainya?

jika hasil penghitungan anda adalah nilai asset masih lebih besar daripada hutang, itu artinya kondisi keuangan anda masih positif. Tetapi jika hasilnya sebaliknya, wah patut diwaspadai tuh dan berarti sudah saatnya merubah pola hidup yang boros!

3. Tidak pusing memikirkan penghasilan saat hari pensiun

 

Hidup gimana besok aja? Wah gak jaman banget tuh ya bagi orang yang sudah merdeka secara finansial. Karena sudah mempersiapkan investasi jangka panjang untuk hidup kedepan, yang namanya bingung untuk kelanjutan hidup sudah pasti pergi jauh - jauh.

Sudah saatnya kita semua mempersiapkan segala sesuatunya bahkan hingga hari pensiun nanti.

Ah tapi kan masih jauh?

Eitss justru karena masih jauh, jika dipersiapkan dari sekarang, saat pensiun nanti akan semakin nyaman kan? 

Apalagi, saat ini pilihan untuk mempersiapkan dana pensiun sudah cukup banyak variasinya.

Mulai dari Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan yang mengambil 5,7% dari penghasilan sampai Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Selain dua itu, produk reksa dana seperti Reksa Dana Pendapatan Tetap Danamas Stabil di Sinarmas Asset Management juga boleh jadi pilihan untuk investasi persiapan dana pensiun.

4. Mampu menekan perilaku konsumtif

 

ciri - ciri terakhir yang menandakan seseorang sudah merdeka finansial adalah mampu menahan perilaku komsumtif. Maksudnya gimana sih?

Nah contohnya adalah mampu menahan godaan dari promo harbolnas 11.11 dan 12.12.

Karena tahukah kamu, ternyata moment tersebut membangkitkan keinginan kita untuk membeli sebuah barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Atau lebih tepatnya 'beli aja ah mumpung lagi murah' :D

Perlu diingat juga, salah satu alasan kenapa kamu harus menahan perilaku konsumtif adalah agar kamu bisa mencontoh beberapa konglomerat dunia seperti pemilik facebook Mark Zuckerberg.

Jika kamu melihat sosok beliau, sangat jauh sekali kan dari yang namanya konsumtif dan kemewahan ? Padahal, gak perlu diragukan lagi harta yang dimiliki olehnya.


Nah itu dia 4 ciri - ciri seseorang yang sudah merdeka finansial, gimana kamu termasuk tidak? :)