Rahasia Mudah Membeli Saham IPO ala Sinarmas Sekuritas

Rahasia Mudah Membeli Saham IPO ala Sinarmas Sekuritas

Bagi SMART Investor yang sudah berkecimpung di dunia investasi saham pasti sudah sering mendengar istilah IPO bukan? untuk yang belum mengenal tentang apa itu IPO, jangan sedih.

Yuk baca artikel berikut ini untuk tahu lebih lanjut apa itu IPO, silahkan klik di sini  -- > Artikel Definisi dan Manfaat IPO


Beberapa SMART Investor mungkin pernah merasakan bagaimana sulitnya mendapatkan porsi penjatahan penawaran perdana saham (IPO). Misalnya saat Anda menyampaikan penawaran Rp5-10 juta, dan saat penjatahan hanya dapat Rp1 juta.

Jawaban dari persoalan ini tentu karena banyak kalangan penjamin emisi lebih mengutamakan penawaran dari para investor institusi yang kerap kali menawar penjatahan puluhan sampai ratusan miliar.

Apalagi untuk perusahaan-perusahaan yang menargetkan nilai emisi besar, misalnya mulai Rp500 miliar hingga Rp1 triliun.

Para penjamin emisi pun punya alasan kuat mengapa lebih mengutamakan investor institusi ketimbang ritel.

Hal ini jelas karena terkait dengan target perolehan dana perusahaan yang akan IPO.

Menurut Associate Director PT Sinarmas Sekuritas, Bapak Harta Setiawan,  investor ritel memang agak susah mendapat porsi penjatahan saham IPO, sehingga akhirnya banyak memilih untuk masuk di secondary market.

PT Sinarmas Sekuritas sebagai penjamin emisi beberapa perusahaan yang ingin IPO seperti PT. Tridomain Performance Materials Tbk juga mengutamakan investor institusi, namun tetap masih memberikan ruang untuk investor ritel yang ingin terlibat saat masa penawaran.

Sinarmas Sekuritas sendiri merupakan salah satu perusahaan penjamin emisi IPO tidak hanya untuk Tridomain, tetapi juga beberapa perusahaan lainnya seperti PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS), dan beberapa perusahaan Startup  lainnya.

Selain IPO saham, Sinarmas Sekuritas juga akan lebih banyak menanganani pencatatan emisi obligasi di masa yang akan datang.

 

Lalu Jika Tidak Mendapatkan Kesempatan Membeli Saham IPO, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda sebagai investor ritel hanya mendapat sedikit jatah dalam masa penawaran IPO, maka masuk di secondary market menjadi pilihan untuk menambah kepemilikan. Namun tentunya dengan keyakinan bahwa saham yang dipilih merupakan milik perusahaan yang punya prospek kinerja baik.

Pasar sekunder ini sendiri memiliki arti yaitu kelanjutan dari pasar perdana setelah perusahaan melepas sahamnya, seperti agen jual beli mobil bekas.

Pasar sekunder ini sendiri dibagi kembali menjadi 3 jenis.

Apa saja 3 jenis dari pasar sekunder tersebut?

Nantikan di artikel Simas Ajarinvestasi selanjutnya :)

 

SUMBER: Bareksa