Perlukah Diversifikasi Investasi?

Perlukah Diversifikasi Investasi?

 

Apa itu Diversifikasi Investasi?

Jika sudah menjadi atau tertarik untuk berinvestasi di pasar modal, Anda pasti akan akrab dengan yang namanya risiko. Sebetulnya tidak hanya di pasar modal, karena setiap jenis instrumen investasi pasti memiliki risikonya masing - masing.

Masih berhubungan dengan risiko, dalam dunia investasi pasar modal ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa "don't put all your eggs in one basket" atau jangan taruh semua telur yang anda miliki hanya dalam satu keranjang saja.

Intinya, pepatah tersebut ingin mengajarkan anda untuk melakukan diversifikasi investasi.

Apa itu diversifikasi investasi? Diverfisikasi merupakan suatu metode penyebaran asset portofolio investasi anda.

Contohnya, kita meletakkan dana kita ke beberapa jenis asset, misal kita berinvestasi di logam emas, saham, properti dan surat utang.

Kenapa harus diversifikasi investasi?

Warren Buffett berkata, diversifikasi bertindak sebagai proteksi dari kebodohan. Jika kita ingin memastikan tidak ada hal yang buruk terjadi pada kita relatif terhadap pasar, maka seharusnya kita memiliki semuanya. Itu adalah pendekatan yang sempurna bagi orang yang tidak tahu bagaimana caranya menganalisa bisnis.

Dalam melakukan diversifikasi kita dituntut untuk tetap cerdas dalam mengambil keputusan investasi. If it is too good to be true, then it is too good to be true. Jangan tergiur dengan tawaran keuntungan yang bombastis. Apalagi keuntungan tersebut diberikan dalam tingkat yang pasti, dan dalam waktu yang singkat.

Diversifikasi menjadi salah satu strategi investasi yang ampuh dalam memaksimalkan keuntungan.

Warren Buffett pun melakukan investasi pada beberapa perusahaan, tidak hanya satu. Namun ia melakukannya dengan analisa bisnis yang sangat mendalam.

 

Sisi Positif Diversifikasi Investasi

Jika melihat dari sisi positif, diversifikasi investasi dapat mengurangi tingkat risiko investor saat berinvestasi.

Ketika Anda melakukan diversifikasi dengan menaruh dana di beberapa jenis investasi, saat salah satu kinerja nya sedang mengalami penurunan, Kerugian yang anda alami tidak akan terlalu besar karena dana yang Anda miliki tidak semuanya berada di instrumen investasi yang sedang turun tersebut.

Dan bisa saja malah instrumen investasi lainnya sedang memiliki kinerja bagus, sehingga kerugian yang anda dapatkan dari 1 instrumen investasi tidak terlalu berarti.

Diversifikasi juga memungkinkan untuk memperoleh keuntungan tambahan. Sebagai contoh yaitu orang yang melakukan diversifikasi portofolio dengan saham asing.

Ketika itu, di luar negeri sedang mengalami bom ekonomi yang cukup besar, maka sebagai investor Ia akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat, saat kondisi saham domestik sedang biasa-biasa saja.


Nah itu dia rangkuman singkat mengenai Diversifikasi Investasi. Gimana, sudah mulai memiliki keinginan untuk melakukannya?

 

SUMBER:

finance.detik.com

aturduit.com

swara.tunaiku.com