Pengertian KSEI dan Perannya Bagi Investor Saham

Pengertian KSEI dan Perannya Bagi Investor Saham

 

Pengertian dan Sejarah KSEI

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau yang biasa disingkat sebagai KSEI, adalah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian(LPP) di Pasar Modal Indonesia yang menyediakan layanan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi Efek yang teratur, wajar, dan efisien.

Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal "Kustodian adalah Pihak yang memberikan jasa penitipan Efek dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya."

KSEI didirikan pada 23 Desember 1997 sebagai salah satu Self Regulatory Organization dalam struktur pasar modal indonesia yang bertugas dalam mekakukan tanggung jawab wewenang penerapan peraturan di dunia pasar modal.

Upaya meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi diwujudkan KSEI melalui kewajiban kepemilikan Single Investor Identification (SID) pada tahun 2012.

SID sebagai nomor identitas tunggal bagi investor yang memberikan kemudahan pada proses identifikasi investor sekaligus landasan berbagai pengembangan pasar modal lainnya, termasuk fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Fasilitas AKSes KSEI adalah sarana akses informasi melalui jaringan internet yang diperuntukkan bagi investor untuk memonitor posisi dan mutasi Efek miliknya yang tersimpan pada Sub Rekening Efek di KSEI.

Jadi, belum 'afdol' rasanya jika sebagai investor saham anda belum memiliki fasilitas AKSes KSEI ini. Karena AKSes KSEI sifatnya seperti kartu identitas atau sebuah KTP yang menandakan bahwa anda adalah seorang investor yang terdaftar.

Apa Saja Manfaat dari Fasilitas KSEI?

Sebagai kartu identitasnya para investor saham, AKSes memiliki beberapa manfaat meliputi :

1. Memberikan akses kepada investor untuk mendapatkan data secara real time mutasi dan juga data kepemilikan efek dalam sebuah sub rekening yang telah disimpan dalam sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir.

2. Investor menjadi lebih mudah untuk melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya yang tersebar di beberapa bank kustodian atau perusahaan efek

3. Menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan pembukaan Sub Rekening Efek yang dapat dimonitor secara langsung oleh investor itu sendiri

4. Memberikan tambahan informasi kepada investor mengenai dunia pasar modal Indonesia secara transparan.

 

Apakah Fasilitas AKSes KSEI bermanfaat juga bagi Pemegang Rekening?

1. Memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi investor yang menjadi nasabahnya

2. Sebagai saranan komunikasi dalam penyampaian dan penyajian informasi berupa inquiryatau report bagi nasabahnya dengan data akurat secara langsung.

3. Mengurangi biaya komunikasi, biaya cetak dan biaya pengiriman laporan.

4. Terbuka pengembangan lebih lanjut dan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Pemegang Rekening terkait peningkatan sarana komunikasi antara Pemegang Rekening dan nasabahnya.


Demikian informasi singkat mengenai KSEI dan salah satu fasilitasnya yang disediakan. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memiliki fasilitas AKSes? Ingin tahu bagaimana tata cara untuk mendaftar dan memiliki fasilitas AKSes?

Tunggu artikel selanjutnya mengenai AKSes KSEI atau klik di link berikut ini --> Syarat dan tata cara memiliki AKSes KSEI

 

 

Sumber:

KSEI