Musuh terbesar investor dan trader saham

Musuh terbesar investor dan trader saham

 

Dalam investasi atau trading saham, seorang investor dan trader ternyata punya musuh besar. Seperti yang dikemukakan oleh Mark Doughlas di bukunya mengenai psikologi trading, mayoritas trader sering mengalami kerugian dalam trading karena kesalaha pola pikir, emosi yang tidak pada tempatnya dan tidak bisa mengontrol diri. 

Menurut Mark Doughlas, ada tiga unsur FEAR yang mempengaruhi seorang trader atau investor, yaitu:

1. The Fear of being wrong 

Perasaan "takut rugi" membuat para investor dan trader memilih untuk menahan posisi kerugian dari kecil hingga lama-lama menjadi besar. Jangan pernah menahan posisi saat harga sudah memicu level stoploss. 

 

2. The Fear of losing money

 

Kerugian adalah hal yang paling dibenci oleh para trader, terutama para trader yang tidak bisa melihan realitas tentang probabilitas kerugian dalam dunia investasi saham. Seorang trader yang tangguh adalah trader yang disiplin mempertahankan kerugian kecil dan menahan saat profit sebesar-besarnya dengan sabar. 

 

3. The Fear of missing out 

Takut kehilangan potensi profit menyebabkan trader hanya berani untuk "memantau" dan terus memantau, kehilangan trend besarnya, hingga di suatu titik tidak lagi mampu bertahan dan akhirnya masuk pada penghujung trend dan berujung loss besar. Jangan pernah mengejar sebuah harga saham hanya karena faktor "takut kehilangan profit", karena itu bukanlah sebuah trade plan yang baik. 

Sebagai seorang trader dan investor saham, kita harus bisa mengendalikan diri, jangan ragu-ragu, jangan emosi, apalagi serakah. Trader yang baik harus bisa mengendalikan diri dan tetap bersabar. Karena jika tidak, maka kita akan terus terjebak dalam kerugian yang disebabkan oleh sifat kita sendiri. 

 

---

Sumber :

Cermati

Finansialku.com