Mengenal Lebih Jauh Peluang Investasi Efek Beragun Aset

Mengenal Lebih Jauh Peluang Investasi Efek Beragun Aset

 

Apa yang Anda ketahui mengenai  EBA?

Pernah gak sih SMART Investor mendengar kata EBA? Wah apa tuh ya EBA? Investasi macam apalagi tuh?

Efek Berangun Aset atau EBA, biasa disebut sebagai Asset-backed security ialah efek (surat berharga), yang terdiri sekumpulan aset keungan berupa tagihan yang timbul dari surat berharga komersial seperti tagihan kartu kredit, pemberian kredit, termasuk kredit pemilikan rumah, kredit mobil, efek bersifat utang yang dijamin pemerintah dan arus kas.

Investasi dalam jenis Efek Berangun Aset (EBA) ternyata memiliki potensi yang cukup besar, meskipun jenis investasi ini belum naik daun jika dibandingkan dengan reksa dana, saham, atau bahkan investasi emas.

Ketika berinvestasi EBA, investor berpeluang memperoleh imbal hasil yang bersaing.

Contohnya, jika investor membeli EBA dengan tenor 5 tahun, potensi return bisa dibandingkan dengan surat utang negara (SUN) bertenor serupa.

Hampir seluruh EBA yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki peringkat yang tinggi atau idAAA dari PT Pemeringkat Utang Indonesia.

Bagi perusahaan penerbit, EBA dapat digunakan sebagai sumber pendanaan yang cukup menguntungkan, karena menerapkan skema futures income.

Artinya, penerbit dapat memperoleh dananya lebih cepat dengan menjaminkan aset miliknya di pasar modal.

 

Bagaimana cara membeli EBA?

Pembelian EBA dapat dilakukan secara langsung melalui perusahaan Manajer Investasi yang menerbitkan dan mengelola Reksa Dana, melalui underwriter (penjamin), atau melalui Bank sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD)

 

Manfaat Efek Berangun Aset (EBA)

  • Menjadi alternatif investasi pada surat berharga, yang menawarkan rating terbaik, tenor jangka panjang dan aman, meminimumkan resiko dengan cara antara lain pemilihan KPR yang hanya berkualitas dan diversifikasi wilayah originasi KPR.
  • Mendapatkan imbal hasil yang menarik biasanya lebih tinggi dari obligasi
  • Memiliki kontribusi langsung pada perkembangan sektor riil secara umum dan sektor perumahan secara khusus.

 

Apakah EBA memiliki risiko?

Sama seperti instrumen investasi lainnya, dibalik manfaat yang ditawarkan, pasti ada risikonya tersendiri.

Untuk EBA sendiri, EBA akan mengalami fluktuasi harga yang merupakan pengaruh dari perubahan suku bunga. Nantinya harga EBA akan turun bila terjadi peningkatan suku bunga.

Case lainnya adalah risiko jika terjadi pelunasan lebih awal “early call” yang akan memengaruhi yield yang diterima bila terjadi pelunasan lebih awal.

Selanjutnya adalah risiko pada gagal bayar. Pemegang EBA akan mengalami kerugian apabila debitur dari aset jaminan mengalami kebangkrutan atau tidak mampu membayar tepat pada waktunya atas bunga dan pinjaman pokok.

 

Bagaimana cara menghindari risiko EBA?

Meski EBA tergolong dalam salah satu investasi yang aman, investor mesti terus mengamati perkembangan kinerja perusahaan penerbit EBA yang bersangkutan.

EBA sendiri dianggap cukup unik mengingat kinerjanya tidak selalu mengacu terhadap sentimen yang beredar di pasar obligasi, seperti efek kenaikan suku bunga acuan atau pelemahan nilai tukar.

Dalam kondisi tertentu, pertumbuhan imbal hasil EBA lebih condong dipengaruhi oleh kinerja perusahaan yang bersangkutan

Alhasil, jika kinerja perusahaan penerbit EBA sewaktu-waktu mengalami penurunan, aset yang menjadi portofolio instrumen tersebut juga bisa terganggu. Potensi  bisa meleset dan yang paling buruk investor bisa dihadapkan pada situasi gagal bayar.

Selain itu, menghindari risiko EBA juga bisa dengan melihat rating yang diberikan oleh Lembaga Pemeringkat Efek atas penerbitan EBA.

Rating ini memberikan gambaran kualitas aset tagihan dalam memenuhi kewajiban pembayaran imbal hasil dan pokok investasi kepada investor.

 


Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai EBA, bagaimana? Apakah Anda semakin penasaran mengenai jenis investasi yang satu ini?

Temukan informasi yang lebih lengkap mengenai Efek Berangun Aset di Sinarmas Asset Management.

Hubungi Customer Service kami di nomor 021 - 50507000, atau Anda dapat berkonsultasi melalui Official Whatsapp for Business Sinarmas Asset Management melalui nomor berikut : 0888-5050700


 SUMBER:

 

FINANSIALKU

KONTAN

SIKAPI UANGMU