Mengenal Arti Reksadana dan Penjelasan Produk Investasi Online

Mengenal Arti Reksadana dan Penjelasan Produk Investasi Online

Bagi masyarakat awam arti reksadana mungkin masih sangat terdengar asing di telinga. Reksadana merupakan suatu wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal, dan juga menjadi salah satu produk investasi dari sebuah perusahaan yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Reksadana dianggap sangat cocok bagi masyarakat atau yang biasa disebut sebagai investor retail yang ingin menginvestasikan modal mereka dalam jangka waktu panjang, bahkan saat ini banyak sudah manajer investasi yang memberikan pelayanan reksadana online.

Penjelasan Berdasarkan Undang - Undang

Reksadana sering kali digambarkan sebagai salah satu metode yang efektif sebagai persiapan menabung untuk biaya pernikahan, pembelian rumah, dan juga persiapan biaya pendidikan sang anak.

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 tahun 1995 Pasal 11,

"Setiap kegiatan investasi reksadana memerlukan pengelolaan dari sebuah Manajer Investasi atau pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang dapat melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Kebanyakan orang menganggap bahwa manajer investasi di persepsikan sebagai seseorang, namun nyatanya manajer investasi adalah sebuah perusahaan yang biasa disebut dengan Asset Management. Dengan adanya pemantauan dari Manajer Investasi, kegiatan investasi reksadana dapat memberi keuntungan bagi para investor tanpa harus repot memantau dan mengelola dana.

Maraknya kasus investasi bodong yang seolah - olah berbentuk reksadana pada umumnya, berasal dari sebuah lembaga perusahaan yang tidak terdaftar secara resmi di OJK sehingga tidak dapat diawasi kegiatan usahanya.

Sebagai salah satu bentuk investasi, reksadana tentu memberikan banyak keuntungan bagi investor, seperti kenyamanan berinvestasi dan efisiensi waktu yang tentu sangat jelas dirasakan manfaatnya karena segala bentuk kegiatan pemantauan dan pengelolaan modal dilakukan oleh Asset Management. Selain itu reksadana juga memberikan kesempatan bagi investor retail dengan dana terbatas namun memiliki keinginan untuk berinvestasi.

Dengan dana mulai dari Rp 100.000,- sudah dapat mendaftar sebagai investor reksadana, namun sebagai pelaku investasi, tentu juga harus bersiap terhadap risiko yang mungkin dihadapi seperti fluktuasi harga pasar. Salah satu perusahaan Asset Management di Indonesia yang terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK adalah PT. Sinarmas Asset Mangement.

Jenis, Arti Reksadana dan Penjelasannya

Sinarmas Asset Management menawarkan berbagai bentuk investasi reksa dana yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan investor dalam bentuk:

  • REKSADANA PASAR UANG adalah sebuah investasi dalam bentuk reksadana dengan risiko yang tergolong rendah dan cocok bagi investor individu pemula. Contoh nyata dari reksadana pasar uang adalah Deposito
  • REKSADANA PENDAPATAN TETAP merupakan salah satu bentuk produk investasi reksadana dari Sinarmas Asset Management yang tergolong memiliki risiko di tingkat mengengah. Namun dengan persentasi angka keuntungan yang stabil setiap tahunnya seperti Obligasi atau surat hutang
  • REKSADANA CAMPURAN merupakan jenis reksa dana yang investasinya ditempatkan pada beberapa efek sekaligus, mencakup Saham, Surat Utang dan Pasar Uang. Memiliki risiko golongan menengah – tinggi namun juga diiringi dengan Return yang lebih besar dibandingkan dengan reksadana pasar uang dan pendapatan tetap.
  • REKSADANA SAHAM memiliki kelebihan yang berbeda dengan berinvestasi saham secara langsung pada umumnya di pasar modal seperti adanya agen perantara, minimum nilai modal pembukaan rekening, segi keuntungan, hingga pajak yang berlaku. Mengacu pada konsep dasar berinvestasi di pasar modal yaitu High Risk-High Return dan Low Risk-Low Return, arti reksadana saham meskipun memiliki tingkat risiko yang menengah - tinggi, tentu juga menawarkan persentasi Return yang paling besar jika dibandingkan produk lainnya.