Membaiknya Pasar Saham Memberi Peluang Tumbuhnya Dana Kelolaan dan Minat Investor Reksa Dana Indeks

Membaiknya Pasar Saham Memberi Peluang Tumbuhnya Dana Kelolaan dan Minat Investor Reksa Dana Indeks

Tumbuhnya nilai dana kelolaan atau Asset Under Management yang berhasil diraih oleh reksa dana indeks, membuktikan semakin berkembangnya minat investor terhadap reksa dana ini, meski kerap terjadi pergerakan yang fluktuatif di pasar modal.

Per Oktober 2018 dana kelolaan reksadana indeks tercatat sebesar Rp 5,18 triliun. Angka ini memang mengalami penurunan Rp 0,04 triliun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar Rp 5,22 triliun.

Namun, bila dibandingkan akhir tahun lalu, dana kelolaan reksadana ini telah tumbuh Rp 1,04 triliun atau 25,12% (ytd).

Pertumbuhan reksa dana indeks yang tercatat, terbilang cukup positif meski angkanya masih jauh dibawah AUM reksa dana konvensional lainnya.

Namun ditengah naik turunnya kondisi pasar modal yang sedang terjadi saat ini, minat investor terhadap reksadana indeks sebenarnya masih terbilang tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang ada salah satunya adalah sedikitnya produk reksadana saham konvensional yang berhasil mencetak kinerja di atas IHSG.

Reksa dana indeks yang mengacu pada indeks LQ45, IDX30, hingga SRI-Kehati bisa menjadi salah satu alternatif pilihan investasi bagi para investor yang memiliki pengalaman dalam menganalisis fundamental, potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta investor yang sudah siap dalam menghadapi volatilnya kondisi pasar saham karena kinerja nya yang paling mencemirkan pergerakan IHSG.

Contoh Reksa Dana Indeks

Salah satu contoh dari reksa dana indeks adalah Reksa Dana Indeks Simas IDX ETF 30 milik Sinarmas Asset Management yang baru saja di launching tanggal 20 September 2018 lalu yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode XSBC. untuk informasi lebih lanjut mengenai reksa dana ini, silahkan klik di sini --> Informasi Reksa Dana Indeks Simas IDX ETF 30

Sesuai namanya, Simas ETF IDX30, produk ini menjadikan indeks IDX30 sebagai acuannya.

 

Perbedaan Reksa Dana Indeks dan Reksa Dana Konvensional

Berbeda dengan reksa dana konvensional yang berusaha mengalahkan indeks acuannya, target dari reksa dana indeks adalah menyamai indeks acuan, bisa saja indeks saham atau indeks obligasi.

Baik buruknya kinerja reksa dana ini tidak diukur dari seberapa besar return yang dihasilkan ataupun dari seberapa kecil risiko fluktuasi harga, tapi dari selisih antara kinerja reksa dana dengan indeks acuan.

Semakin besar selisihnya meskipun kinerja reksa dana lebih baik, tetap dianggap tidak baik karena yang ideal adalah sama dengan indeks acuannya.

Biaya transaksi pada reksa dana indeks juga bisa dibilang lebih kecil jika dibandingkan dengan reksa dana konvensional karena reksa dana jenis ini dikelola secara pasif. Apa yang dimaksud dengan dikelola secara pasif?

Maksudnya adalah manajer investasi tidak melakukan trading jual beli secara aktif, karena komposisi reksa dana nya mirip atau bahkan persis dengan indeks acuan.

Selain itu manajer investasi juga bisa meminimalisir tenaga analis yang biasanya bertugas untuk melakukan analisa perusahaan dalam keperluan pengelolaan komposisi reksa dana yang ada pada reksa dana konvensional

 

Bagaimana Cara Membeli Reksa Dana ETF Sinarmas Asset Management?

Untuk Anda yang tertarik atau bahkan ingin berinvestasi pada reksa dana indeks Simas IDX ETF 30, hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan pembukaan rekening dana nasabah (RDN) atau rekening dana investor (RDI) di Sinarmas Sekuritas.

 

Bagaimana Caranya Membuka RDN atau RDI di Sinarmas Sekuritas?

 

1. Dengan Datang ke Kantor Cabang Sinarmas Sekuritas terdekat

pembukaan rekening dana nasabah (RDN) atau rekening dana investor (RDI) bisa dilakukan dengan mendatangi cabang terdekat Sinarmas Sekuritas dengan membawa beberapa dokumen persyaratan seperti :

- fotocopy ktp
- fotocopy npwp
- buku tabungan halaman depan


atau

 

2. Mengisi Formulir Online

Jika jarak kantor cabang Sinarmas Sekuritas tidak memungkinkan untuk dikunjungi (jauh),

Anda dapat mengisi formulir melalui online dengan mendownload formulir pembukaan rekening individu di www.sinarmassekuritas.co.id pada bagian menu formulir.

Namun pengisian formulir tersebut harus lengkap & benar. Karena jika pengisian tidak lengkap dan benar dokumen tidak bisa diproses.

Setelah di isi, dokumen tersebut bisa dikirimkan ke alamat kantor pusat Sinarmas Sekuritas.

 

NOTE:

- Jika belum pny npwp nanti bisa mengisi form keterangan bahwa belum memiliki NPWP

- Masa pembuatan RDN yaitu 14 hari kerja. jika melewati batas tersebut belum mendapatkan konfirmasi email, harap menghubungi cabang terkait atau menghubungi Customer Service Sinarmas Sekuritas di nomor 021 - 392 5550

 

SUMBER:

Kontan.co.id

Kompas.com