Investasi Reksadana vs Emas, pilih mana?

Investasi Reksadana vs Emas, pilih mana?

Reksa dana dan emas adalah dua jenis instrumen investasi berisiko rendah, tetapi memberikan imbal balik yang cukup menarik. Yang pasti keuntungan keduanya di atas bunga deposito dan tabungan. Jika Anda memiliki kedua jenis investasi ini, tentu paham betul kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, bagi Anda yang baru saja akan memulai, pasti akan bertanya, manakah yang lebih untung untuk investasi? Reksa dana atau emas? Keduanya sama-sama favorit untuk dijadikan instrumen investasi demi masa depan, namun apakah yang membedakan diantara keduanya?

Mengutip dari Cermati.com, emas sudah jauh lebih lama dikenal masyarakat sebagai investasi. Mereka biasa menyimpan aset dalam bentuk emas atau tanah. Sampai saat ini emas masih dinilai sebagai investasi yang diminati dan mudah dicairkan. Selain itu, harga emas diprediksi masih memiliki potensi untuk naik dan lebih aman dibandingkan investasi lain.

Sementara investasi reksa dana baru muncul seiring dengan hadirnya pasar modal dan bursa saham. Jenis investasi ini termasuk yang paling kecil risikonya dibandingkan investasi lain di pasar modal, semisal saham. Karena belum banyak yang tahu, wajar saja bila orang-orang yang mengerti investasi reksa dana ini masih sedikit jika dibandingkan investasi emas.

 

 

 

Investasi reksa dana tidak memiliki bentuk secara fisik, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal penyimpanannya dan resiko kehilangan. Tapi tenang, investasi reksa dana Anda terjamin karena dikelola oleh lembaga yang bertanggung jawab dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Reksa dana banyak pilihan produknya, mulai dari reksadana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran dan reksa dana saham. 

 

---

Sumber: 

Cermati.com