Hati - Hati Jika Ditawarkan Investasi dengan Skema Seperti Ini!

Hati - Hati Jika Ditawarkan Investasi dengan Skema Seperti Ini!

 Kesempatan mendapatkan untung yang besar dengan modal sekecil - kecilnya pasti menjadi impian semua orang. Siapa sih yang tidak mau?

Makanya, hal ini sering sekali dijadikan iming - iming bagi para 'penipu' yang menawarkan investasi bodong.

Selain ciri - ciri dari investasi bodong yang sudah dijelaskan pada artikel terdahulu, ternyata terdapat ciri - ciri lainnya.

Yaitu, biasanya investasi bodong yang ditawarkan memiliki mekanisme yang mirip! Skema apa sih itu? yuk simak lebih lanjut

 

Skema Ponzi atau Skema Piramid

 Investasi bodong ternyata memiliki hal serupa dari segi skema nya, rata - rata mereka menggunakan skema ponzi atau skema piramid.

Asal Usul Skema Ponzi

Nama dari Skema Ponzi ini sendiri diambil dari sang pendiri, yaitu Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi atau yang lebih dikenal dengan nama Charles Ponzi. 

Ponzi cukup terkenal dengan rekam jejak negatif dalam masa hidupnya. Ponzi sendiri pernah terjebak dengan kasus cek palsu dan imigran gelap.

Selain itu, pada tahun 1919 Ponzi sempat melakukan kesalahan perhitungan sebuah konsep investasi yang diumpamakan dengan jual - beli kupon di kota Boston Amerika.

Memang, kota Boston sedang hype mengenai jual beli kupon khusus yang bisa menghasilkan keuntungan kala itu.

Ponzi menawarkan investasi sebesar $100 dengan janji uang akan kembali sebesar $150 dalam waktu 90 hari. Kata-kata manis ini dimakan oleh banyak orang yang kurang bijaksana.

Dalam waktu tidak terlalu lama, Ponzi sudah mendapatkan dana sebesar $1.250. Setelah 90 hari, Ponzi membayarkan investor sebesar $750. Uang tersebut adalah bukti bahwa tawaran investasi bekerja. 

Berkat pembuktian yang luar biasa, Ponzi dapat mengumpulkan dana sebesar $9 juta dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Pembayaran tetap dijalankan secara berkelanjutan, agar dapat merekrut investor-investor baru. 

Selang 10 bulan berjalan, skema penipuan ini terungkap. Investor melakukan penarikan dana besar-besaran dan tentu saja Ponzi tidak memiliki cukup uang untuk membayarnya. Ponzi didakwa 4 tahun penjara di Massachusetts.

 

Skema Investasi Bodong di Indonesia

Melihat riwayat investasi bodong yang ada di Indonesia, ternyata cukup memiliki kemiripan dengan skema investasi yang dijalankan oleh Charles Ponzi.

Biasanya keuntungan yang dijanjikan tentu saja fantastis, sehingga banyak investor yang terjebak.

Ciri khas utama yang membuatnya mirip dengan skema ponzi adalah keuntungan yang fantastis dalam jangka waktu cepat, dan adanya penyetoran awal yang dibebankan kepada investor.

Di awal mungkin saja pembayaran keuntungan yang dijanjikan berjalan dengan lancar dan juga tepat waktu, karena pembayaran keuntungan sang investor didapat dari uang yang disetorkan oleh para investor yang baru saja masuk setelah anda.

 

Ciri - Ciri Investasi Bodong dengan Skema Ponzi

1. Menjanjikan imbal balik investasi yang besar dan dalam jangka waktu yang cepat

2. Diharuskan menyetor sejumlah uang dengan iming - iming imbal balik tadi

3. Pengelolaan dana investasi tidak jelas, dan mengajak anda untuk merekrut investor baru untuk bergabung agar imbal balik semakin besar

 

Padahal, kenyataan nya adalah

1. Imbal Balik keuntungan investasi dibayarkan dari uang yang disetor oleh investor baru

2. Dipersulit saat ingin mengambil imbal balik hasil investasi

3. Penyedia investasi tiba - tiba menghilang ditelan bumi

 

Nah, bagi Anda SMART Investor, jika ditawarkan investasi dengan skema yang mirip - mirip dengan penjelasan diatas patut waspada ya!

Tetapi ada gak sih cara lain yang lebih jitu dalam mengecek apakah investasi yang ditawarkan ini resmi atau tidak? karena jika hanya berdasarkan dari skemanya saja, masih kurang meyakinkan?

Tentu saja ada dong! Anda tidak perlu khawatir. Agar terhindar dari investasi bodong, yuk cek lebih lanjut artikel berikut ini --> Rayuan Maut Investasi Bodong yang Perlu di Waspadai

 

 

SUMBER:

https://www.moneysmart.id/dua-skema-investasi-bodong-wajib-kamu-ketahui-milenials-biar-gak-tertipu/

https://www.finansialku.com/skema-ponzi-modus-klasik-investasi-bodong/

https://www.finansialku.com/tips-mencermati-investasi-bodong/

http://pusatdata.kontan.co.id/datavisual/investasibodong/