Hai Mahasiswa! Ini loh keuntungan investasi reksadana untuk kamu

Hai Mahasiswa! Ini loh keuntungan investasi reksadana untuk kamu

Investasi jaman sekarang tidak hanya untuk kalangan orang yang sudah bekerja, tetapi saat ini mahasiswa pun bisa memulai investasi. Investasi reksadana seperti yang kita ketahui memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Namun, hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa jika ingin memilih reksadana sebagai instrumen investasi adalah pastikan dahulu mahasiswa tahu tujuan mereka berinvestasi, lalu pilih dengan produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Lalu, apa sajakah keuntungan investasi reksadana bagi mahasiswa?

1. Bisa dimulai dengan Modal yang kecil, cocok untuk mahasiswa 

Mahasiswa identik dengan "hidup irit" karena mereka harus bisa menggunakan uang yang diberikan oleh orang tua dengan sebijak mungkin untuk kebutuhan sehari-hari.

Investasi reksadana dinilai cocok bagi mahasiswa karena investasi bisa dimulai dari nominal Rp 100,000 saja. 

2. Jenis reksadana yang beragam.

Reksadana seperti yang kita ketahui memiliki 4 jenis utama reksadana, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Masing-masing produk dan jenis reksadana memiliki tujuan dan risiko yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jenis mana yang cocok untuk mahasiswa, sebaiknya mahasiswa mengetahui terlebih dahulu mereka masuk ke tipe investor apa. Apakah tipe konservatif, tipe moderat atau tipe agresif. Tipe konservatif merupakan tipe yang cenderung tidak suka dengan risiko yang tinggi, tipe ini cocok berinvestasi di reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Sedangkan tipe moderat memiliki tingkat keberanian dalam mengambil risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe konservatif, orang dengan tipe ini biasanya memilih investasi di reksadana campuran. Dan terakhir adalah tipe agresif, yang merupakan tipe yang sangat berani dalam mengambil risiko investasi. Orang dengan tipe agresif akan memilih investasi di reksadana saham.

3. Hasil keuntungan reksadana BEBAS PAJAK 

Keuntungan dari investasi reksadana yang didapatkan oleh investor tidak akan dikenakan pajak, jika dibandingkan dengan deposito dimana return yang didapatkan harus dipotong dengan pajak sebesar 20%. 

4. Reksadana adalah investasi yang bersifat fleksibel dan likuid

Berbeda dengan Deposito yang baru bisa dicairkan pada saat jatuh tempo, dengan berinvestasi reksa dana, kamu dapat mencairkannya kapan saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, kamu bisa membeli ataupun menjual reksa dana tersebut kapan saja.

5. Investasi cukup lewat aplikasi online di Handphone!

Anak muda jaman sekarang, tidak bisa lepas dari handphone, fungsinya untuk berkomunikasi, main game hingga update status media sosial. Saat ini, investasi reksadana bisa juga dilakukan melalui aplikasi di handphone berbasis online, yaitu Simas Fund. Aplikasi ini mudah untuk digunakan sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk bisa melakukan transaksi reksadana dimana saja dan kapan saja. Selain fitur-fitur menarik, Simas Fund juga menyediakan loyalty program dengan Simas Poin, yang bisa ditukarkan dengan voucher-voucher menarik seperti Fore, Yoshinoya, Alfamart, Indomaret dan masih banyak lagi. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk mahasiswa.

 

----

Sumber:

Simas Fund

Finansialku