"Capital Gain" dan "Dividen", serupa tapi tak sama!

"Capital Gain" dan "Dividen", serupa tapi tak sama!

 

Dalam berinvestasi saham, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa yang kita cari adalah keuntungan. Jika Anda memlei saham perusahaan go public, keuntungan utama yang ada dapatkan ada dua jenis, yaitu keuntungan dari Capital Gain dan yang kedua adalah keuntungan yang Anda dapatkan dari Dividen Saham. Lantas, apa perbedaannya?

1. Capital Gain

Jika dilihat berdasarkan sumber keuntungan, Capital Gain keuntungannya adalah dari kenaikan harga saham, bersifat aktif, risiko tidak pasti, dan pajak 0,1% dari penjualan saham.⁣



2. Dividen Saham

Sedangkan Dividen, keuntungan didapat dari pembagian keuntungan perusahaan, bersifat pasif, risiko sudah fix nilainya, dan pajak 10% dari dividen yang kamu terima. 

Itulah beberapa perbedaan dari Capital Gain dan Dividen, pengertian yang serupa tentang "keuntungan" tapi memiliki rincian yang berbeda. Untuk SMART Investor yang baru berinvestasi saham, nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas lebih lanjut mengenai seluk beluk dunia saham dan pasar modal. 

Investasi saham memang berguna untuk kesiapan finansial masa depan, maka dari itu mari mulai investasi saham bersama Sinarmas Sekuritas, untuk mendapatkan kebebasan finansial di hari tua.

Informasi lebih lanjut terkait investasi saham dan Sinarmas Sekuritas, hubungi 02150508000 atau Whatsapp (Chat only) ke Customer Service di 08875050700 pada hari dan jam kerja (Senin - Jumat, 08.30 - 17.00 WIB). ⁣

 

------

Sumber: Finansialku