Apakah Wabah Virus Corona mempengaruhi Pasar Saham dunia?

Apakah Wabah Virus Corona mempengaruhi Pasar Saham dunia?

Wabah virus Corona yang akhir-akhir ini sedang marak di dunia ternyata bawa sedikit pengaruh terhadap pasar modal secara global. Analis Pasar Saham, Hans Kwee, mengatakan keberadaan virus Corona di China, sempat menekan pasar Asia dan Global. ⁣Karena ada kekhawatiran di pasar, jika virus yang banyak muncul di Wuhan, China, ini akan menyebar ke seluruh dunia.

Akan tetapi, Hans menyebut pasar saham dunia sempat stabil setelah pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dalam pengumumannya, WHO menyebut wabah dari virus Corona belum menjadi keadaan darurat global. Selain itu, Pemerintah China juga melakukan tindakan cepat untuk menahan penyebaran virus pernapasan in. Salah satunya dengan menghentikan perjalanan masuk dan keluar dari Kota Wuhan. 

 

 

Tindakan cepat ini, kata Hans, akhirnya memberikan keyakinan pada pasar. Sebab, wabah yang terjadi ini diyakini tidak mengakibatkan pandemi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global. Hal ini juga mempengaruhi kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga hari ini. Terpantau hingga hari ini, 29 Januari 2020, Angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di posisi 6.111% (berdasarkan data hari ini, 29 Januari 2020) 

Di sisi lain, sampai saat ini belum ada laporan virus ini masuk Indonesia. Meski begitu, Hans memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan depan berpeluang rebound, tapi terbatas. 

Tetap waspada, jaga kesehatan selalu ya SMART Investor. Dan jangan lupa untuk tetap investasi :) ⁣

 

-----
sumber berita:

Kontan.co.id⁣

Bisnis.com